Blogger Tricks

Minggu, 13 April 2014

Memainkan Gendhing Lancaran Manyar Sewu

Pernah main gamelan ngga guys?
Gendhing (Lagu) Lancaran Manyar Sewu itu salah satu lagu yang bisa dibawakan dengan gamelan.
btw nih gendhing termasuknya level "easy" lho. Soalnya, pertama kali KBM (kegiatan belajar mengajar) Karawitan itu bahasnya gendhing ini.
Nah, ini notasinya!

Penjelasan :
  1. Baca/nyebut notasinya pake bahasa Jawa, guys. (Ji, ro, lu, pat, ma, nem, pi)
  2. Di bawah kanan judul ada tulisan Pelog Pathet Barang. Artinya gendhing ini pakai standar nada Pelog, bukan Slendro. Pilih instrumen yang pelog yak!
  3. Buka (red: buko) itu sama aja kayak intro. Yang main buka itu cuma bonang barung aja. Nah, kalo gong buka, itu semua instrumen main, kecuali : kenong, kempul, dan kethuk. Oh iya, intro cuma dimankan 1x.
  4. Cara main tiap-tiap instrumen dibahas selanjutnya.
  5. Kalo udah nyampe di akhir lagu, balik lagi ke awal lagu tanpa intro.
  6. Nah kalo gendhing/lagu udah diulang (umumnya 4x), kendhangan pake yang kendhangan panutup.
  7. Saat panutup, tempo semua instrumen melambat.
Cara memainkan instrumen :
  1. Balungan. Ini adalah istilah untuk menyebut slenthem, demung, saron, dan saron penerus (peking) bersamaan. soalnya fungsi mereka sama. Mereka tuh bagai melodinya gendhing ini :3 Balungan dimainkan di slah balungan kedua dan keempat.  Mereka nabuh sesuai notasi yang tertulis. Pengecualian untuk saron penerus nih, yang main di setiap slah balungan. Di slah balungan pertama dan ketiga, saron penerus nabuh notasi yang sama dengan slah balungan sebelumnya *err, paham?
     peking, saron, demung. sori gaada slenthem
  2. Bonang Barung. Selain intro, bonbar dimainkan tiap slah balungan pertama dan ketiga. Notasi yang ditabuh saat kedua slah itu sama, yaitu notasi pada akhir gatra. Misal  gatra pertama nih. Notasi di akhir gatra itu 3 (lu) kan? So, pas slah balungan pertama dan ketiga, bonbar nabuh 3 (lu).
  3. Bonang Penerus. Kalo ini lumayan rumit, guys. Bonpen dimainkan tiap slah balungan 1,5 ; 3 ; 4. Notasi yang ditabuh juga notasi di akhir gatra, kayak bonbar. Btw, fisik bonbar sama bonpen sama kok sebenarnya.
  4. Kendhang. Kendhang itu patokan dalam gendhing ini, bagai tongkat komposer. Kendhang dibagi jadi kendhang ageng dan ketipung (yang lebih kecil). Notasinya kendhang beda dari yang lain, yaitu : t ('tak', permukaan ketipung yang lebih sempit), P ('tung', permukaan ketipung yang lebih luas), b ('dah', permukaan kendhang ageng yang lebih luas).
  5. Kethuk. Gampang mainnya. Cuma nabuh di slah balungan pertama dan ketiga, dan nggak punya notasi :v 
  6. Kenong. Dimainkan 1x tiap gatra, yaitu di slah balungan keempat. Notasi yang ditabuh sesuai dengan yang ditulis. 
  7. Kempul. Sama kayak kenong, kempul juga dimainkan 1x tiap gatra, tapi di slah balungan kedua. Notasi yang ditabuh sesuai dengan notasi yang tertulis. Pengecualian nih untuk gatra pertama, kempul ngga ditabuh. Kesimpulannya, tabuhan kempul selalu bareng sama notasi b-nya kendhang. 
  8. Gong. Ini lebih enak dimainin daripada kethuk. Soalnya, selain ngga punya notasi, gong cuma dimainin 1x tiap 1 gongan! Yaitu di slah balungan keempat di gatra keempat. Tapii, ada tapinya noh. Fyi, gong dibagi jadi gong ageng (besar) dan gong alit (kecil). Gong besar cuma dimainin waktu buka dan di gongan keempat.

3 komentar:

  1. ayo kitalestarikan budaya dan kesenian daerah kita, jangan sampai kalah dengan dudaya negara tetangga.

    BalasHapus
  2. Saya pengin diajari tehnik memukul kenong pada Gending ayak ayak pamungkas boleh ndak.terima kasih

    BalasHapus